Sabtu, 28 Agustus 2010

Politik Kemanusiaan


Reflekesi atas politik itu kejam
=============================================================
Oleh: Eko Wahyudi

Peradaban budaya manusia seutuhnya adalah jalan paling tepat dan pas dalam hak penerapaan pemberdayaan masyarakat dengan nama politik.
Politik lebih baik di rubah dan di ruwat semua yang berkaitan merugikan peradaban manusia

Dari bahasa politik kemanusiaan, memang sangatlah aib dan mengerikan kalau dilhat, masyarakat sebagai pemgeng kedaulatan juga bosan dan tidak menyakai, bisakah paradigma politik ini dirubah menjadi politik yang santun menuju kearah tatanan kemanusiaan yang lebih mulia dan diterima oleh kita semua.

Bisakah politik kemanusiaan ini yang belum dipraktekan oleh pelaku dan pemain politik. Selain itu juga bukan hanya pelaku dan pemain politik saja, Tapi masyarakat dan semuanya harus duduk bersama atas pemahaman politik kemanusiaan,

Sebab wajah politik kita itu, hasil polesan dari pihak luar atau menerapkan teori dan sistem serta menerapkan cakar-cakar yang kuat di Republik ini disemua lini.
Hanya kita yang mampu membuat hanya kita bisa mengusung politik ala kita yang bisa memahami karakter dan kondisi budaya masyarakat dan kemuan yang dihendaki rakyat.

Perebutan diranah pemikiran, idiologi strategi pemberdayaan, strategi perebutan. Itu sudah dan sudah jawabnya”, yang lebih mengerikan kenapa perubahan ini tidak tercapai rakyat. Yang terjadi hanya perebutan kelompok dan kelompok.?. tidak pada nilai-nilai pada cengkraman kekuasan yang bersifat dan berawatak kemanusiaan.

Apa yang terjadi seandainya ini menjadikan realitas politik dan kenyataan politik di Negara kita dan tersebar luas di daerah-daerah. Menurut saya, sebuah politik kekuasaan atau politik merebut lebih kuat. Seharusnya dirubah dan diganti dengan cara dan hasil yang bersifat pada nilai manusiawi.

Seandainya, mereka (pemain politik) tidak menerapkan yang di maui rakyat bersama atau kemunitas rakyat. Maka akan tersandung dan akan jatuh oleh gerakan cita-cita berpolitik rakyat. Politik rakyat untuk menata peradaban manusia. Akan juga menjadikan politik itu adalah sebuah neraka kejam yang bisa mengahncurkan hati dan perasaan manusia.


Kemanusiaan untuk kita semua
Kepentingan rakyat dan kepentingan masyarakat bersama adalah menjadikan tujuan akhir sebuah penyelenggraan pemerintah bernama “POLITIK KEMANUSIAAN”. Politik adalah cara saja, yang lebih penting bagaimana semua pelaku yang dipartai dan yang di masyarakat, serta yang jadi pengusaha dan semua pelaku itu mengerti akan keluhaan dan kondisi rakyat.

Mengenai kondisi dan rakyat, memang perlu adanya penelitian lebih dalam dan berkelanjutan, terkait kondisi bangsa kita, kondisi rakyat dan keadaan inilah yang menjadi titik temu dan titik persimpangan elemen-elemen poltik kemanusiaan, politik kemanusiaan lebih berhasil dan pasca dalam era sekarang, era sekarang menerapkan politik identitas kemenenangan semata, tidak menerapkan politik untuk rakyat, bukan untuk elit parpol atau pejabat tertentu.


Pejabat elit, pejabat parpol pejabat pemerintah dan para tokoh harus kita sadarkan dan kita pahami agar mengerti paham dan mengerti, sebab mereka juga ingin menginginkan sistem politik yang betul-betul sesuai dengan nilai kemanusiaan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar